Nov 10, 2007

MEMBUAT E-BOOK

Apakah anda mempunyai hobi menulis ? atau bercita cita menjadi seorang penulis ?Namun anda belum terlalu paham dengan dunia penerbitan buku ?Jangan berkecil hati, saya akan berikan solusi untuk menyalurkan hobi menulis anda sekaligus mendatangkan uang melalui tulisan yang anda “terbitkan” sendiri.
Sekali lagi, jangan berkecil hati jika tulisan anda selalu ditolak oleh pihak penerbit. Mulai hari ini anda bisa menjadi seorang penulis sekaligus penerbit buku sendiri.




Membuat E-book
Anda dapat mencetak buku anda dalam bentuk elektronik book atau yang lebih dikenal dengan ebook. Ebook adalah buku dalam bentuk digital yang saat ini sedang di gemari oleh orang karena lebih simple dan praktis.
Peluang berbisnis ebook
Omzet bisnis buku digital ini ,di dunia internet tidak bisa di bilang kecil, saat ini telah mendekati angka jutaan dollar tiap tahunnya. Di Indonesia, bisnis e-book bukanlah bisnis baru, para pelaku bisnis ini pun telah banyak yang sukses memasarkannya, beberapa diantaranya adalah salah seorang Agus dan Joko Susilo yang sukses meraup ratusan juta rupiah hanya dengan berjualan sebuah e-book pdf melalui website nya di http://www.formulabisnis.com/
Kedua kakak beradik ini adalah salah seorang pionir penerbit ebook independen yang cukup sukses dengan bisnis ini, bahkan menurut pengakuanya, sampai sekarang masih mendapatkan pendapatan tak kurang dari 30-40 Jt tiap bulan dari website mereka.
Apa yang mereka tulis dalam ebooknya ?
Cukup sederhana, hanya beberapa penjelasan bagaimana caranya untuk memulai terjun ke dunia internet, tips pemasaran online, berbentuk file PDF 100-an halaman. Ditawarkan melalui website yang cukup simple dan ternyata laku keras, hingga sekarang formula bisnis dot com di kunjungi lebih dari 5000 orang tiap harinya.
Bagaimana untuk memulainya ? ( Untuk Pemula )
  1. Siapkan nama domain yang sesuai dengan tema ebook anda, jika anda belum memilikinya silahkan kunjungi website penyedia layanan hosting dan domain ( misalnya idwehhost.com pasarhosting.com rumahweb.com ) . Ketiga hosting tersebut memiliki layanan online chat menggunakan yahoo mesenger yang akan memudahkan anda dalam berkonsultasi mengenai domain dan hosting
  2. Siapkan website sebagai etalase ebook anda
    Anda belum punya pengalaman sama sekali membuat dan mendesign sebuah website ? Jangan putus asa ! banyak layanan penyedia script untuk membuat website ebook yang harganya cukup terjangkau. Salah satunya adalah Gempar.com
  3. Siapkan materi ebook anda
    Apa yang bisa anda terbitkan ?
    Mulai menulis mengenai hobi anda, ketrampilan , dan informasi menarik yang banyak dibutuhkan orang.
    Berikut ini beberapa contoh tema dan website ebook :
    - Bisniswanita.com
    - Formulabisnis.com
    - Jualebook.com
    - Tokomesin.com
    Atau anda bisa mencarinya di google dengan kata kunci jual beli ebook
  4. Pembayaran Online
    Untuk target market internasional, anda bisa menggunakan pembayaran via paypal dan untuk target pasar dalam negeri anda bisa mencantumkan nomor rekening bank anda untuk menerima pembayaran
  5. Siapkan strategi pemasaran
    Setelah website anda siap dan ebook anda siap di publikasikan, selanjutnya anda harus menyiapkan beberapa setrategi pemasaran.
    Tips memasarkan ebook anda :
    1. Menggunakan tehnik seo yang telah banyak di ulas di blog ini
    2. Menggunakan google addword
    3. Menyebarkan ebook melalui maling list / newsletter
    4. Mengiklankan ebook anda di website yang ramai dikunjungi orang
    5. Aktif di beberapa forum online
    6. Melalui media offline : Iklan di Koran
    7. Viral Marketing : Lihat kembali kesuksesan FormulaBisnis.com , tahukan anda mengapa ebook mereka dapat terjual dengan cepat ? Mereka memberikan bonus kepada orang sebesar 50% dari harga ebook bagi mereka yang mau merekomendasikan kepada orang lain.
    8. Iklan di berbagai iklan baris online
    Jika anda masih pemula, jangan bingung dulu ! Ikuti saja langkah di bawah ini :
    Siapkan yahoo mesenger anda, ini modal utama anda untuk berkonsultasi
    Siapkan nama domain anda, kunjungi salah satu penyedia webhosting dibawah ini
    idwebhost.com pasarhosting.com rumahweb.com
    Ketiganya memilik online customer service yang akan memandu anda bagaimana cara membeli domain dan hosting
    Setelah domain dan hosting anda telah siap di gunakan, silahkan pesan design dan script untuk website anda , silahkan kunjungi gempar.com , Disini juga support live custmer service ( Via Yahoo mesenger )
    Siapkan Software di bawah ini :
    Microsoft word dan Acrobat PDF reader anda
    Setelah tulisan anda siap ( simpan dalam MS Word ) anda dapat mengkonvertnya ke bentuk pdf secara online di https://www.pdfonline.com/convert_pdf.asp atau anda juga bisa mencari software pembuat ebook lainya yang free.
    Kuncungi Google.com dan gunakan keyword MS Word to PDF converter
    Berapa anggaran yang perlu anda siapkan :
    1. Domain dan hosting : 200 - 300 ribu rupiah untuk satu tahun
    2. Design dan script website ebook : 400 ribu rupiah untuk selamanya
    Potensi penghasilan :
    Umunya ebook dijual berkisar antara 50 Ribu sampe 300 Ribu per download.

0 komentar:

Copy Right : BISNIS ONLINE.net | Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template